Kamis, 09 April 2009

TIPS MUDAH MEMAHAMI DAN MENGHAFAL BACAAN




Langsung to the point aja.

1. Sediakan bahan bacaan.
2. Membaca ta'awuz agar terhindar dari setan.
3. Membaca basmalah, karena Rasulullah SAW bersabda, "Setiap urusan yang baik
(bermanfaat), yang tidak dimulai dengan ucapan basmalah maka terputus berkahnya."
(H.R. Abdul Qahir dari Abu Hurairah)
4. Membaca istighfar, karena istighfar dapat membuka kecerdasan. (3:135-136).
5. Bacalah dengan teknik "MEMBACA CEPAT".
Langkah-langkah dalam membaca cepat adalah sebagai berikut.


a. Membaca judul karangan. Judul tidak hanya menunjukkan masalah yang akan dibahas, tetapi juga dapat merangsang kita berpikir:
1) Apa yang kita dapat dari judul?
2) Gagasan apa saja yang ada dalam judul?
3) Hal apa yang telah kita ketahui dalam judul?
b. Membaca semua subjudul dengan cepat. Subjudul membantu pembaca membentuk pengertian yang menyeluruh. Subjudul menunjukkan fokus yang khusus serta aspek-aspek yang mengacu pada keseluruhan topik.
c. Amati tabel, skema, atau bagan jika ada.
d. Baca pengantarnya. Jika tidak ada pengantar, baca dua paragraf pertama. Jika paragraf ini terlalu panjang, baca kalimat pertama dan keduanya saja.
e. Baca kalimat pertama subbab. Kalimat pertama sering menuturkan isi bagian tulisan itu. Akan tetapi, ada kalanya kalimat pertama ini hanya kalimat transisi atau hanya untuk menarik perhatian pembaca. Jika demikian, baca kalimat terakhir.
f. Kemudian, kita mulai membaca bacaannya dengan cepat, caranya:
1) Bacalah dengan mendesak, dengan tujuan mendapatkan gagasan utama secara cepat. Hindari membaca kata demi kata.
2) Bacalah dengan cepat, pahami idenya lalu teruskan membaca ke tempat lain.
3) Latih diri untuk dapat mencari arti sentral dengan cepat.
4) Tingkatkan konsentrasi. Ada dua kegiatan untuk meningkatkan daya konsentrasi. Pertama, menjauhi hal-hal yang menyebabkan pikiran menjadi kusut. Kedua, memusatkan perhatian secara sungguh-sungguh.
6. Ulangi hingga beberapa kali agar lebih mantap.

Semoga tips ini bermanfaat dalam memahami dan menghapal bacaan.


***

Keterangan:
  • Poin 2 sampai 4 aku dapatkan dari DR. H. Karyono Ibnu Ahmad sewaktu yang acaranya aku lupa namanya. Tetapi aku ingat waktu itu aku masih SMA.
  • Poin a sampai f dari sesuatu yang aku juga lupa dari mana. Waktu itu aku belum mendapat pengetahuan kalau mengutip sesuatu mesti mencantumkan sumbernya. Mohon maaf.
  • Gambar abjad di atas aku pinjam dari google.com.
  • Keterangan ini aku tulis hari ini tanggal dua puluh delapan Oktober dua ribu tiga belas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Hak Cipta Hanya Milik Allah Swt.
Copyright © 2009 be THE WINNER